Review KZ ZS6 : Bening dan Cakepnya Budget IEM

KZ ZS6 menggunakan Foam Tips

Intro : Akhirnya beli IEM Knowledge Zenith lagi setelah 3 tahun yang lalu beli si KZ ED8M yang munurut saya enak banget, tapi semua berubah sejak negara api  Xioami dengan Mi Hybrid datang.

Kini di tahun 2018 saya membeli KZ ZS6  yang datang sebagai flagship KZ sebelum ZS10 rilis  karena tertarik dengan berbagai macam impresi yang di tebar pada forum audio dan juga modelnya yang keren.

sebelum membicarakan impresi, kita baca dulu yuk spesifikasinya

Spesifikasi :
Rancangan             : In-ear dengan atau tanpa mikrofon built-in dan tombol jawab
Unit Driver            : Rancangan hibrida 2 Dynamic Driver / 2 Balanced Armature Driver
Kerangka               : Aluminium dengan rancangan terbuka (Semi open back)
Respons frekuensi : 7Hz-40000Hz
Sensitivitas            : 105 dB
Impedansi              : 15 ohms
Kabel                     : 1.2m yang dapat dilepas
Eartips                   : 3 pasang berbeda ukuran
Jack Input              : 3.5mm stereo
Berat                      : 26g


Impresi : Sebagai patokan, saya membadingkan dengan 2 IEM saya sebelumnya KZ ED8M & MI Hybrid, dari segi Soundsignature KZ ZS6 ini bertipe Bright dengan Treble yang clear, kalau baca-baca beberapa review sih katanya treble nya tajam, untung nya di telinga saya nggak terlalu begitu, jadi ya cocok-cocokan saja, untuk bass nya nggak boomy, pas saja gitu dibanding KZ ED8M, untuk mid juga saya suka, nggak terlalu mundur atau maju, suara penyanyi  terdengar jelas tanpa terganggu sama treble atau bass di IEM ini, untuk separasi ini sangat diatas dari 2 iem yang saya pernah beli sebelumnya, kita bisa mendegarkan dengan jelas berbagai instumen dalam setiap lagu, sedangkan untuk soundstage iem ini emang masih nggak terlalu lebar sih, masih lumayan sih bukan biasa-biasa saja, masih ada jarak kalau dibuat nonton film. Tapi yang agak menggangu dari IEM ini ya suara noise atau hiss ketika memainkan lagu, entah lagunya yang mastering jelek atau iem ini memang rewel soal impedansinya.

Fitting : Soal impresi tadi mungkin bisa berubah karena saya tidak mengguna eartips bawaan yang berbahan silicon karena sangat tidak nyaman, bahannya keras dan agak kasar ditelinga, saya menggunakan KZ Foam tips yang bahannya nyaman dan mungkin agak mengurangi treble yang setajam silet, masalah fitting  sih emang agak kurang enak karena bentuknya yang tajam dengan menyiku-menyiku gitu, tapi kalau sudah terbiasa sama aja mungkin agak berkurang, tapi saya menggunakan IEM ini untuk menonton film berjam-jam nggak ada masalah sih, cuma ya kuping berasa panas aja gitu, sampai housing ikutan panas karena menyentuh kulit telinga berjam-jam.

Trick : Setelah 2 bulan memakai KZ ZS6 saya agak merasa tenggangu dan agak risih dengan memory wire nya, jadi setelah lihat ada yang bongkar memory wire di grup, saya pun memberanikan diri, dengan bantuan silet dan tang kawat dari memory wire bisa dilepas, tapi sebetulnya takut sih kalau kenapa-kenapa, tapi kalau kita hati-hati pasti aman.

Sekian infomasi yang bisa saya berikan, terimakasi sudah membaca, jangan lupa share juga di media sosial kalian untuk support blog ini, Thanks ....

Komentar

Postingan Populer